Selasa, 05 Mei 2015

Gunung Es dapat Mengambang di Air Laut



Apa yang Menyebabkan Gunung Es dapat Mengapung di Air Garam?

Es adalah air yang membeku, pembekuan akan terjadi bila air di dinginkan dibawah 00C pada tekanan 1 atm. Sedangkan air akan tetap sebagai cairan atau gas saat suhu 300C pada tekanan yang lebih rendah. Es yang terdapat di laut dapat berasal dari es tawar, es laut, dan es gletser.
Air merupakan salah satu zat yang sedikit lebih padat sebagai cairan. Hal inilah yang menyebabkan bongkahan es bisa mengambang di air. Kebanyakan es sebenarnya berisi air.
Es sesungguhnya tidak padat, tidak seperti yang banyak orang kira. Bongkahan es sendiri tersusun dari miliaran blok es kecil yang terperangkap dalam gelembung udara yang membuat bongkahan besar es tampak putih.
Kebongkahan es terbuat dari air tawar. Sebab garam larut di lautan, air menjadi lebih padat dibanding air tawar dan menambah daya mengapung pada bongkahan es itu.

Referensi:
Pedro. 2011. Inilah Alasan Mengapa Gunung Es Bisa Mengambang. [Online] tersedia: http://forum.viva.co.id/internasional/106250-inilah-alasan-mengapa-gunung-es-bisa-mengambang.html . [14 April 2014]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar