Rabu, 30 Oktober 2013

Bermula dari Membangun Cinta untuk Fisika ^^



     Seperti kata para motivator yang pernah membahas tentang cinta, cinta itu bukan kata benda yang tak bisa kita ubah keadaannya, tapi cinta adalah kata kerja yang bisa kita munculkan dengan adanya usaha dari dalam diri kita. Maka karena cinta adalah kata kerja mari ubah persepsi kita tentang jatuh cinta dengan membangun cinta. ^^
Itu hanya prolog saja… bahasan sesungguhnya adalah Bagaimana agar Pembelajaran Fisika bisa Efektif di SMP/SMA dan mengubah persepsi siswa yang tidak menyukai fisika. Seperti judul diatas, semua bermula dari membangun cinta untuk Fisika. Lalu bagaimana caranya?
1.      Awal pertemuan yang baik
Awal pertemuan memang sangat penting, pertemuan pertama akan menentukan kesan dihati para siswa. Maka buatlah mereka terpana di pertemuan pertama. Tak perlu wajah cantik atau tampan, cukup dengan tersenyum ramah, dan perkataan yang baik. Pertemuan pertama yang baik akan menimbuklan kesan yang baik di hati siswa. Sehingga saat jam pelajaran akan lebih mudah membuat mereka mau mendengarkan kita.
2.      Pendeskripsian apa itu Fisika
Kita deskripsikan apa gunanya fisika dalam kehidupan sehari hari, hal hal unik dari ilmu Fisika, dan fakta-fakta yang menakjubkan tentang Fisika.
Ya, pendeskripsian inilah yang saya rasakan bisa membantu saya yang dahulu tidak begitu respek dengan fisika, dapat membangun cinta untuk fisika dalam diri ini.
Perkataan para dosen yang membuat saya bergidik dan takjub itu membuat saya terpana. Merasakan dan berpikir betapa hebatnya ilmu fisika.
“ Selamat datang di dunia NYATA, selamat datang di dunia FISIKA.” (saat perkenalan jurusan pada mahasiswa baru)
Mengapa dikatakan dunia nyata? Karena fisika itu ilmu yang mengusahakan atau memikirkan sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata.
Kata-kata seperti itulah yang menbuat saya menyadari bahwa peran guru di awal pengajaran adalah menyampaikan persepsi persepsi yang baik tentang mata pelajaran itu, namun bukan persepsi yang dibuat-buat.
Karena penyampaian guru memengaruhi cara berpikir murid, maka pengetahuan yg luas dan cara bicara guru akan sangat penting.
3.      Tidak menyebabkan suasana tegang
Karena sering kali Fisika itu memusingkan, maka buatlah suasana yang menyenangkan dan membuat para siswa bersemangat. Jika dibwa tegang atau harror, maka siswa akan sering mengantuk dan tak akan menantikan pelajaran fisika.
4.      Menguasai materi
Suasana menyenangkan tapi kita tak menguasai materi? Jangan harap siswa mau mendengarkan kita! Maka kuasai materi sebelum kita akan mengajar.J
Jika kita mengetahui dengan jelas inti pelajaran yang akan disampaikan, kita dapat meyakinkan siswa dengan wibawa kita, sehingga mereka percaya dengan apa yang dikatakan oleh gurunya, bahkan merasa tertarik terhadap pelajaran yang diajarkan.
5.      Jadilah seorang pendidik yang ramah dan komunikatif.
Berusahalah untuk tersenyum saat bertemu dengan siswa, karena tersenyum dapat menenangkan hati orang yang kita temui. Dan juga berusahalah agar kita bisa menjadi pribadi yang menyenagkan saat diajak bicara oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar