Seperti kata para motivator yang pernah membahas
tentang cinta, cinta itu bukan kata benda yang tak bisa kita ubah keadaannya,
tapi cinta adalah kata kerja yang bisa kita munculkan dengan adanya usaha dari
dalam diri kita. Maka karena cinta adalah kata kerja mari ubah persepsi kita
tentang jatuh cinta dengan membangun cinta. ^^
Itu hanya prolog saja… bahasan
sesungguhnya adalah Bagaimana agar Pembelajaran Fisika bisa Efektif di SMP/SMA
dan mengubah persepsi siswa yang tidak menyukai fisika. Seperti judul diatas,
semua bermula dari membangun cinta untuk Fisika. Lalu bagaimana caranya?
1.
Awal pertemuan
yang baik
Awal pertemuan memang
sangat penting, pertemuan pertama akan menentukan kesan dihati para siswa. Maka
buatlah mereka terpana di pertemuan pertama. Tak perlu wajah cantik atau tampan,
cukup dengan tersenyum ramah, dan perkataan yang baik. Pertemuan pertama yang
baik akan menimbuklan kesan yang baik di hati siswa. Sehingga saat jam
pelajaran akan lebih mudah membuat mereka mau mendengarkan kita.
2.
Pendeskripsian
apa itu Fisika
Kita deskripsikan apa
gunanya fisika dalam kehidupan sehari hari, hal hal unik dari ilmu Fisika, dan
fakta-fakta yang menakjubkan tentang Fisika.
Ya, pendeskripsian inilah yang saya rasakan bisa
membantu saya yang dahulu tidak begitu respek
dengan fisika, dapat membangun cinta untuk fisika dalam diri ini.
Perkataan para dosen
yang membuat saya bergidik dan takjub itu membuat saya terpana. Merasakan dan
berpikir betapa hebatnya ilmu fisika.
“ Selamat datang di
dunia NYATA, selamat datang di dunia FISIKA.” (saat perkenalan jurusan pada mahasiswa
baru)
Mengapa dikatakan dunia
nyata? Karena fisika itu ilmu yang mengusahakan atau memikirkan sesuatu yang
tidak nyata menjadi nyata.
Kata-kata seperti itulah yang menbuat saya menyadari
bahwa peran guru di awal pengajaran adalah menyampaikan persepsi persepsi yang
baik tentang mata pelajaran itu, namun bukan persepsi yang dibuat-buat.
Karena penyampaian guru memengaruhi cara berpikir
murid, maka pengetahuan yg luas dan cara bicara guru akan sangat penting.
3.
Tidak
menyebabkan suasana tegang
Karena sering kali Fisika itu memusingkan, maka
buatlah suasana yang menyenangkan dan membuat para siswa bersemangat. Jika
dibwa tegang atau harror, maka siswa akan sering mengantuk dan tak akan
menantikan pelajaran fisika.
4.
Menguasai materi
Suasana menyenangkan
tapi kita tak menguasai materi? Jangan harap siswa mau mendengarkan kita! Maka
kuasai materi sebelum kita akan mengajar.J
Jika kita mengetahui
dengan jelas inti pelajaran yang akan disampaikan, kita dapat meyakinkan siswa
dengan wibawa kita, sehingga mereka percaya dengan apa yang dikatakan oleh
gurunya, bahkan merasa tertarik terhadap pelajaran yang diajarkan.
5.
Jadilah seorang
pendidik yang ramah dan komunikatif.
Berusahalah untuk
tersenyum saat bertemu dengan siswa, karena tersenyum dapat menenangkan hati
orang yang kita temui. Dan juga berusahalah agar kita bisa menjadi pribadi yang
menyenagkan saat diajak bicara oleh siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar