1. Teks
Kelebihan:
a. Dapat menjadi media untuk menjelaskan
suatu peristiwa (berita) atau suatu materi pembelajaran yang terdapat banyak
rumus
b. Dapat memberikan pemahaman yang sama dari
teks yang sama dan meminimalisasi terjadinya perbedaan persepsi
c. Dapat juga sebagai media komunikasi yang
singkat
d. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal
atau waktu yang lama untuk membuat media informasi atau komunikasi dari media
teks
Kekurangan:
a. Banyak orang jenuh dengan melihat media
yang hanya berisikan teks saja
b. Media teks biasanya hanya bertahan dalam
memori jangka pendek sehingga orang akan cepat lupa dengan informasi yang
pernah ditangkapnya.
c. Tidak dapat memberikan persepsi yang sama
mengenai emosi yang terkandung dalam media teks yang diberikan narasumber dan
penerima informasi.
2. Audio
Kelebihan:
a. Lebih menarik perhatian dari pada media
teks
b. Cocok sebagai media pemberian motivasi
karena kita dapat mengatur sendiri dan memperkirakan efek suara yang kita buat
c. Dapat memberikan persepsi yang sama
mengenai emosi yang terkandung dari media audio yang diberikan narasumber pada
penerima informasi
Kekurangan:
a. Audio yang kurang baik akan menimbulkan
kebisingan bagi orang lain
b. Memerlukan alat tambahan untuk
menyalurkan audio pada penerima informasi agar dapat terdengar lebih jelas
3. Grafik
Kelebihan:
a. Dapat menjelaskan berbagai fenomena,
peristiwa atau konsep dalam suatu gambar
b. Penerima informasi dapat mengetahui
langsung objek yang sedang dibicarakan
c. Dapat diingat oleh penerima informasi
dalam jangka waktu lama
d. Dapat menjelakan sesuatu yang abstrak
dari teks atau audio
Kekurangan:
a. Perlu adanya yang membatasi ruang lingkup
gambar yang dimaksud adalah untuk menjelaskan apa
b. Grafik yang berisi hal yang buruk akan
diingat dalam jangka waktu lama oleh penerima informasi
4. Animasi
Kelebihan:
a. Dapat menjelaskan suatu kronologis
peristiwa/fenomena yang sulit untuk disaksikan langsung
b. Lebih menarik perhatian dari pada hanya
media teks, audio atau grafik.
c. Lebih lama diingat dari pada media teks,
audio, atau grafik
d. Dapat sebagai media pembelajaran mandiri
dalam mengetahui penjelaskan suatu konsep, atau cara membuat sesuatu.
Kekurangan:
a. Meski terlihat real, kejadian dari
animasi bukan lah kejadian yang nyata dialami penerima informasi, hanya bbrpa
kemungkinan yang terjadi
b. Tidak mendorong penerima informasi untuk
mengeksplore, hanya sebagai penerima informasi saja
5. Simulasi
Kelebihan:
a. Penerima informasi dapat mengeksplore
sendiri, variabel bebas, kontol dan terikat yang ingin dia ketahui dari
aplikasi tersebut.
b. Dapat menjelaskan suatu kronologis
peristiwa/fenomena yang sulit untuk disaksikan langsung
Kekurangan:
a. Penerima informasi tidak mengalami
kejadian secara langsung
6. Video
Kelebihan:
a. Dapat sebagai media pembelajaran mandiri
dalam mengetahui penjelaskan suatu konsep, atau cara membuat sesuatu.
b. Kejadian yang diperlihatkan terjadi
secara real
Kekurangan:
a. Penerima informasi tidak dituntut aktif
Bila keenam media ini digabungkan menjadi suatu mutimedia menurut
saya akan lebih mengefektifkan dan membuat peserta didik lebih aktif dan lebih
memahami suatu pembelajaran. Dengan menggabungkan semua media ini akan
memungkinkan semakin lama hasil pembelajaran itu tersimpan dalam memori jangka
panjang peserta didik. Namun sebagus apapun multimedia nya yang paling lebih
efektif tetap pengalaman langsung peserta didik dalam mengeksplore sendiri
materi pembelajaran. Namun menurut saya multimedia sangat diperlukan dalam
keadaan kelas yang tidak memungkinkan dilakukannya praktek ekperimen secara
langsung baik karena biaya, resiko, dan waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar