Kamis, 31 Desember 2015

Kelebihan dan Kekurangan setiap Media Pembelejaran

1.    Teks
Kelebihan:
a.    Dapat menjadi media untuk menjelaskan suatu peristiwa (berita) atau suatu materi pembelajaran yang terdapat banyak rumus
b.    Dapat memberikan pemahaman yang sama dari teks yang sama dan meminimalisasi terjadinya perbedaan persepsi
c.    Dapat juga sebagai media komunikasi yang singkat
d.    Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal atau waktu yang lama untuk membuat media informasi atau komunikasi dari media teks
Kekurangan:
a.    Banyak orang jenuh dengan melihat media yang hanya berisikan teks saja
b.    Media teks biasanya hanya bertahan dalam memori jangka pendek sehingga orang akan cepat lupa dengan informasi yang pernah ditangkapnya.
c.    Tidak dapat memberikan persepsi yang sama mengenai emosi yang terkandung dalam media teks yang diberikan narasumber dan penerima informasi.
2.    Audio
Kelebihan:
a.    Lebih menarik perhatian dari pada media teks
b.    Cocok sebagai media pemberian motivasi karena kita dapat mengatur sendiri dan memperkirakan efek suara yang kita buat
c.    Dapat memberikan persepsi yang sama mengenai emosi yang terkandung dari media audio yang diberikan narasumber pada penerima informasi
Kekurangan:
a.    Audio yang kurang baik akan menimbulkan kebisingan bagi orang lain
b.    Memerlukan alat tambahan untuk menyalurkan audio pada penerima informasi agar dapat terdengar lebih jelas
3.    Grafik
Kelebihan:
a.    Dapat menjelaskan berbagai fenomena, peristiwa atau konsep dalam suatu gambar
b.    Penerima informasi dapat mengetahui langsung objek yang sedang dibicarakan
c.    Dapat diingat oleh penerima informasi dalam jangka waktu lama
d.    Dapat menjelakan sesuatu yang abstrak dari teks atau audio
Kekurangan:
a.    Perlu adanya yang membatasi ruang lingkup gambar yang dimaksud adalah untuk menjelaskan apa
b.    Grafik yang berisi hal yang buruk akan diingat dalam jangka waktu lama oleh penerima informasi
4.    Animasi
Kelebihan:
a.    Dapat menjelaskan suatu kronologis peristiwa/fenomena yang sulit untuk disaksikan langsung
b.    Lebih menarik perhatian dari pada hanya media teks, audio atau grafik.
c.    Lebih lama diingat dari pada media teks, audio, atau grafik
d.    Dapat sebagai media pembelajaran mandiri dalam mengetahui penjelaskan suatu konsep, atau cara membuat sesuatu.
Kekurangan:
a.    Meski terlihat real, kejadian dari animasi bukan lah kejadian yang nyata dialami penerima informasi, hanya bbrpa kemungkinan yang terjadi
b.    Tidak mendorong penerima informasi untuk mengeksplore, hanya sebagai penerima informasi saja
5.    Simulasi
Kelebihan:
a.    Penerima informasi dapat mengeksplore sendiri, variabel bebas, kontol dan terikat yang ingin dia ketahui dari aplikasi tersebut.
b.    Dapat menjelaskan suatu kronologis peristiwa/fenomena yang sulit untuk disaksikan langsung
Kekurangan:
a.    Penerima informasi tidak mengalami kejadian secara langsung
6.    Video
Kelebihan:
a.    Dapat sebagai media pembelajaran mandiri dalam mengetahui penjelaskan suatu konsep, atau cara membuat sesuatu.
b.    Kejadian yang diperlihatkan terjadi secara real
Kekurangan:
a.    Penerima informasi tidak dituntut aktif


Bila keenam media ini digabungkan menjadi suatu mutimedia menurut saya akan lebih mengefektifkan dan membuat peserta didik lebih aktif dan lebih memahami suatu pembelajaran. Dengan menggabungkan semua media ini akan memungkinkan semakin lama hasil pembelajaran itu tersimpan dalam memori jangka panjang peserta didik. Namun sebagus apapun multimedia nya yang paling lebih efektif tetap pengalaman langsung peserta didik dalam mengeksplore sendiri materi pembelajaran. Namun menurut saya multimedia sangat diperlukan dalam keadaan kelas yang tidak memungkinkan dilakukannya praktek ekperimen secara langsung baik karena biaya, resiko, dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar