Kamis, 31 Desember 2015

Manfaat Multimedia Pembelajaran Sains

Manfaat multimedia pembelajaran di dalam pembelajaran sains adalah
  1. Memberikan wawasan mengenai fenomena yang tidak dapat disaksikan langsung, seperti fenomena dan objek objek tata surya, fenomena pada iklim dan daerah yang berbeda dengan indonesia, fenomena bencana alama, dll
  2. Memerikan pemahaman mengenai proses suatu fenomena, mengapa bisa terjadi, sebab akibatnya secara real dari video dan grafik maupun dari simulasi dan animasi
  3. Dalam pembelajaran sains, menggunakan multimedia sangat berguna dalam menjelaskan suatu proses yang tidak dalat dieksplore secara langsung karena terkendala dari biaya, waktu, kondisi, ataupun resiko dari eksperimen tersebut.
  4. Dari multimedia pun dapat memberikan kesan bahwa sains itu menyenangkan dan menimbulkan rasa antusias dalam pembelajaran.

Normalnya suatu hal itu dibalik banyaknya manfaat pasti ada juga sisi negatifnya, dari informasi yang saya dapatkan bahwa multimedia tidak memberikan pengalaman langsung peserta didik untuk mengekplore kejadian sains secara real, maka dari itu fungsi masih adanya pendidik adalah untuk tetap memberikan contoh-contoh kecil kejadian real yang dapat mewakilkan penjelasan dari multimedia yang ditampilkan kepada peserta didik, agar peseta didik merasakan bahwa fenomena sains itu nyata. Multimedia yang ditampilkan hanyalah untuk memudahkan peserta didik memahami proses suatu kejadian, ia adalah partner bagi guru, untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Perlu juga guru memberikan pemahaman pada siswa bahwa tidak ada kejadian yang benar-benar ideal di alam ini, sajian dalam multimedia yang ditampilkan adalah pendekatannya, agar peserta didik pun mengetahui kondisi real di alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar